Debat Perdana Paslon Pilkada 2024, Polisi Libatkan 250 Kekuatan Personel Pengamanan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Oktober 18, 2024

GrinduluFM Pacitan - Kepolisian mengerahkan 250 personel PAM untuk mengamankan jalannya debat perdana pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Pilkada Pacitan di Kantor KPU.

Jadwal debat perdana digelar di kantor KP, mulai pukul 19.00 WIB, Sabtu malam 19 Oktober 2024.

Dalam debat pertama Pemilihan Kepala Daerah Pacitan 2024 ini, masing-masing tim Pemenangan paslon 1 maupun paslon 2 menginginkan debat pertama digelar di kantor KPU.

Mengingat terbatasnya kapasitas kantor komisi pemilihan umum pacitan, pengamanan debat pertama melibatkan sejumlah 250 personel PAM.

“Kami melibatkan total 250 kekuatan personel PAM gabungan Polri 191 personel, instansi 57 personel akan kami tempatkan di seputaran kawasan kantor KPU,”terang Kabag ops Polres Pacitan AKP Sukinto Herman Setya Atmadja.

Personel gabungan yang dikerahkan berasal dari pejabat Polri, Kodim, Lanal, Pol PP, Dinkes, Dishub dan instansi terkait.

Personel yang terlibat pengamanan ditempatkan di ring 1 yakni area debat pilkada pacitan, ring 2 sekitar lobi dan pintu masuk kantor KPU kemudian ring 3 sektor terluar pintu ke kawasan KPU hingga titik parkir.

“Ring 1 petugasnya Polri, sterilisasi, TNI dan Satpol PP, ring 2 Polri, Kodim, Lanal, Pol PP, Dinkes kemudian ring 3 Polri, Dishub, Hubdat,”jelasnya.

Kesempatan berbeda, Ketua KPU Pacitan Aswika Budhi Arfandy mengatakan, debat paslon akan digelar sebanyak tiga kali.

“Jadwal pertama debat tanggal 19 Oktober 2024, kedua tanggal 2 November kemudian debat ketiga tanggal 16 November.”ucapnya.

Untuk tema debat pertama meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah, debat kedua tema meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menyelesaikan persoalan daerah, kemudian debat ketiga tema menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten pacitan dan provinsi dengan nasional dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ada 5 panelis yang akan terlibat dalam debat paslon ini, mereka ada1 profesor dan 5 doktor dari akademisi.

“Dalam debat nanti akan ada 6 segmen dengan moderator dari luar kabupaten yakni Helmi Kahaf duet bersama Sandhana Rattu Balqis, keduanya merupakan News Presenter,”ujarnya.

Sementara Bawaslu memberikan peringatan kepada KPU agar mengingatkan pada tim masing-masing paslon untuk yel-yel yang disampaikan saat debat paslon tidak membuat gaduh.

“Ini ajang kontestasi dimana dua kubu saling bertarung, sebaiknya untuk yel-yel yang bikin gaduh langsung dicegah. Selain itu dilarang tim paslon bawa atribut untuk antisispasi kerawanan yang tidak diinginkan,”himbau Fajar Dino Parwika, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Pacitan.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 14.42
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03