Libatkan Akademisi, Ormas, Dinas dan Media, FGD BPS Pacitan Review Jenis Pelayanan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, September 11, 2024

GrinduluFM Pacitan - Badan Pusat Statistik (BPS) Pacitan menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk menyesuaikan jenis pelayanan Statistik Terpadu BPS demi memenuhi standar pelayanan yang ada agar lebih baik dalam melayani masyarakat.

FGD digelar di Ruang Rapat BPS Pacitan, Rabu (11/9/2024). Tidak hanya melibatkan dinas-dinas di lingkungan Pemkab, acara FGD juga melibatkan secara langsung dari unsur masyarakat , akademisi, ormas dan media.

Wisma Eka Nurcahyanti Kepala Badan Pusat Statistik Pacitan menerangkan, layanan BPS sekarang sudah ada standar nya, baik itu dari sisi masyarakat, jangka waktu pelayanan semua bisa tertuang di dokumen pelayanan publk di BPS.

“Standar Pelayanan statistik terpadu ini merupakan kewajiban dan komitmen BPS, agar bisa memastikan kepada pengguna layanan BPS dengan maksut mengukur kualitas, kecepatan dan kepuasan masyarakat sebagai konsumen data BPS,”terangnya.

Review jenis pelayanan statistik terpadu BPS menjadi poin FGD, Rabu (11/9/2024) diantaranya, layanan konsultasi statistik dalam FGD disampaikan menjadi layanan konsultasi statistik, layanan perpustakaan tetap sama menjadi layanan perpustakaan, layanan penjualan produk BPS menjadi layanan produk berbayar kemudian keempat layanan rekomendasi kegiatan statistik tetap sama menjadi layanan rekomendasi kegiatan statistik.

Persyaratan layanan offline, pengguna layanan datang langsung ke pelayanan statistik terpadu BPS lantai 1, pengguna layanan memiliki kartu identitas yang masih berlaku dan atau menyetujui syarat penjualan produk BPS (abstraksi, format, biaya, tanda tangan elektronik, dan materai elketronik).

Layanan online syarat pengguna layanan memiliki email yang sudah terdaftar di website pelayanan statistik BPS. Jangka waktu jam pelayanan, Senin - Kamis jam 08.00 - 15.30. kemudian jam 08.00-16.00 khusus Jumat.

"Jika pelayanan offline,, pengguna layanan akan dilayani maksimal 10 menit setelah pengunjung sebelumnya telah selesai menerima layanan, jika layanan online pengguna layanan akan dilayani maksimal 1 hari kerja setelah permintaan diterima."lanjutnya Produk pelayanan layanan koleksi perpustakaan dalam media hard copy dan softcopy format PDF. Pengaduan langsung bisa juga lewat telpun 081234563501 atau lewat Website Http://s.id/laporkang.

FGD merupankan tugas rutinan namun juga harus diimbangi inovasi guna meningkatkan pelayanan.

Untuk mendukung standar pelayanan terpadu, BPS Pacitan juga berbenah ruangan disulap menjadi ruangan nyaman bagi pengguna layanan. Hal itu dilakukan agar tidak membosankan dan bisa menarik pengunjung sebagai pengguna layanan.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 15.14
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03