Upacara Hari Pramuka ke- 63 di Lapangan Sukodono Donorojo Diikuti Seribu Lebih Peserta

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Agustus 14, 2024

GrinduluFM Pacitan - Hari Pramuka di Indonesia diperingati pada 14 Agustus setiap tahunnya. Peringatan Hari Pramuka ini biasanya dirayakan dengan menggelar upacara.

Begitupun untuk Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pacitan menggelar upacara Hari Pramuka ke-63 pada Rabu (14/8/2024) di Lapangan Sukodono Donorojo yang diikuti 1062 orang peserta.

Terdiri dari Penggalang Putra 310 orang, Penggalang Putri 310 orang, Penegak Putri 310 orang, Penegak Putra 310 orang dan sisanya undangan dari berbagai unsur.

Adapun Pembina Upacara Wakil Bupati Pacitan Gagarin, pengatur upacara Puguh Yuwono dan pemimpin upacara Ainun Rudiatama Prasetyo.

Hari Pramuka Nasional ke-63 tahun 2024 adalah “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

Sehubungan dengan perayaannya, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang telah mengeluarkan pedoman susunan upacara untuk dijadikan acuan dalam peringatan Hari Pramuka yang ke-63 tahun 2024. Berdasarkan pedoman tersebut, salah satu acara pokok dalam upacara Hari Pramuka adalah penyampaian amanat dari pembina upacara.

Amanat yang dibawakan tentunya memuat pesan-pesan positif. Pesan dalam amanat ini disusun secara terstruktur agar mudah dipahami bagi yang mendengarkannya termasuk prolog upacara di tuliskan dengan puisi.

Prolog upacara hari pramuka ke- 63 kwartir cabang gerakan pramuka pacitan tahun 2024:

Salam Pramuka! ”enam puluh tiga tahun gerakan pramuka satu pramuka untuk satu Indonesia jayalah indonesia.”

Kala angin berhembus, semilir menerpa dedaunan, ketika jiwa pasrah, di hadapan penguasa jagat semesta.

Mari, kita kenang waktu yang terlewatkan, kita kenang lagi, pertama janji pramuka sejati diucapkan, janji pramuka sejati, selalu mengukir hidup kita.

Tunas-tunas muda harapan persada pertiwi. ketika bunga bermekaran.dan alam menjanjikan banyak kenikmatan betapa banyak keindahan dan keaiaiban,yang diciptakan oleh penguasa alam, saat itu senandung kedamaian kan tercipta.

Sahabat pramuka - pramuka perkasa, akankah keindahan yang telah tercipta akan terus kita nikmari.

Lewat tanganmu yang kekar lagi perkasa, tanggung jawab ini. Tertumpu pada kita. Mampukah kita wujudkan cita - cita luhur tantangan bagi gerakan pramuka Indonesia.

Sahabat pramuka sejati, jangan cepat putus asa mu terkikis waktu, janganlah goyah hatimu terkikis masa. Tanamkan pada jiwamu…

Akulah pramuka sejati, yang tak ingkar akan janji. Esok akan kusemaikan benih-benih kebajikan, kan ku tebarkan warna-warna keluhuran jiwa.

Wahai praja muda karana,tunas-tunas muda harapan bangsa. janji seorang pramuka adalah janji suci yang tidak akan hilang terbawa angin, yang tidak kekang oleh panas, dan tak kan lapuk oleh hujan.

Wahai kesatria-kesatria yang perkasa dalam tiap desah nafasmu, dalam tiap denyut nadimu, tanamkan selalu aku.

"Akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila menolong sesama hidup, dan ikut serta membangun masyarakat menepati dasa darma"

Dirgahayu Gerakan Pramuka Dirgahayu Indonesiaku Jayalah Negeriku!

Itulah  prolog upacara Hari Pramuka ke -63 yang digelar dilapangan Sukodono Donorojo, Rabu (14/8/2024).

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 09.42
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03