RRP Kantor KPU Mulai Disteril Jelang Sehari Persiapan Pendaftaran Paslon Pilkada

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Senin, Agustus 26, 2024

GrinduluFM Pacitan - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pacitan mengantisipasi keramaian massa pendukung di sekitaran kantor KPU Pacitan, jelang sehari pendaftaran paslon cabup-cawabup Pilkada 2024 sudah disterilkan terutama Ruang Rumah Pintar (RRP) untuk pendaftaran Paslon.

Jelang sehari ruang rumah pintar itu sudah terkunci, hanya orang-orang tertentu yang bisa masuk. Bahkan aparat kepolisian menutup jalan Veteran No, 66, Gantung Pacitan pada sebelah barat dan timur saat rombongan pengusung paslon datang mendaftarkan jagonya yang dimulai hari pertama pendaftaran tanggal 27 Agustus 2024.

“Besuk itu kami membatasi ruang gerak didalam kantor KPU Kabupaten Pacitan karena mengantisipasi banyaknya massa yang akan terlibat dalam proses pendaftaran tersebut, saya sampaikan alurnya, yang pertama adalah ketika paslon masuk digerbang KPU akan dilakukan screening, id card menjadi syarat mutlak untuk bisa masuk ke KPU dan kami arahkan ke ruang transit, setelah ruang transit kami arahkan ke ruang rumah pintar pemilu untuk melakukan proses pendftaran. Proses pendaftaran di RRP akan menjadi lokasi pendaftaran paslon. Setelah proses pendaftaran di dalam rpp, paslon dan parpol pengusung kami arahkan ke media center untuk melakukan jumpa pers.” kata Aswika Budhi Arfandy Ketua KPU Pacitan, Senin (26/8/2024).

Selain membatasi masuk ke kantor KPU, juga membatasi ruang masuk di dalam RPP mengingat lokasinya tidak luas dan tentunya terbatas dan perlu kami batasi siapa-siapa yang bisa mengakses RPP pada saat pendaftaran.

“Besuk dibuka mulai pukul 08.00 untuk hari pertama, hari kedua dan hari ketiga, itu nanti akan kami tutup tanggal 29 Agustus, pukul 23.59 WIB jadi sampai pergantian hari.”jelasnya.

Tambah Aswika, yang bisa masuk ke kantor KPU saat pendaftaran paslon dibatasi dan hanya memiliki ID Card khusus yang diizinkan masuk.

Aswika Budhi Arfandy melarang masuk bagi warga yang tidak diundang, begitupun media yang tidak memiliki Id card.

KPU klaim sudah berkoordinasi dengan kepolisian terkait masing-masing tim pasangan calon. Batasan-batasan yang diberlakukan, ketentuan yang diberlakukan dan juga pengaturan lalulintas sudah di komunikasikan.

Saat pendaftaran berlangsung, dihalaman kantor KPU disiapkan layar video live streaming bisa ditonton tamu yang berada di luar halaman atau ruang. KPU hanya mengizinkan paslon saja yang naik kendaraan masuk lokasi kantor KPU, yang lain harus berjalan kaki.

Pihak aparat kepolisian akan membantu untuk mengatur jalan, lalu lintas, keamanan agar lancar pelaksanaan pendaftaran Paslon Pilbup lancar tanpa mengganggu perjalanan lalu lintas.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 15.17
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03