Bentrok Saat Kampanye, Pengusung Paslon Dihalau Mundur Pakai Gas Air Mata Terjadi Saat Simulasi Sispamkota

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Agustus 08, 2024

GrinduluFM Pacitan - Puluhan orang mengatasnamakan pendukung calon bupati John Wick mendatangi Lokasi kampanye untuk memeriahkan tahapan kampanye, Kamis (08/8/2024).

Massa pendukung paslon lain tiba-tiba datang ke lokasi kampanye yang secara diam-diam masuk mengikuti rangkaian kampanye yang dilaksanakan oleh paslon John Wick dengan tujuan untuk mengetahui visi dan misi paslon John Wick. Namun pada saat paslon A melaksanakan orasi dan menyampaikan visi misinya, secara terang paslon A menjelek-jelekan paslon B sehingga sekelompok massa paslon A yang berada pada lokasi kampanye langsung tersulut emosi dan melakukan penyerangan pada paslon dan pengrusakan dilokasi kampanye.

Tim Walpri yang melekat di paslon A sigap mengamankan paslon dan dilarikan keluar dari lokasi kampanye.

Personel pengamanan yang berada dilokasi kampanye berusaha melumpuhkan pelaku penyerangan yang terus melakukan perlawanan gunakan gas air mata, dengan ketrampilan yang dimiliki oleh setiap anggota Polri dengan aksi bela diri, pelaku pelaku penyerangan dilumpuhkan oleh personel pengamanan dilokasi kampanye. Massa yang sudah tersulut emosi dihalau mundur setelah polisi menyemprotkan gas air mata kepada massa yang bentrok dan berangsur - angsur mundur.

Ternyata semua itu hanya Skenario Latihan Sispamkota Operasi Kepolisian Mantap Praja Semeru 2024 dalam rangka Pengamanan Kepala Daerah Serentak di Wilayah Hukum Polres Pacitan.

Dalam simulasi pengamanan Pilkada tersebut ada 3 adegan dan 6 skenario. Dalam skenario ke 6 adegan 1 massa sudah terpukul mundur, terjadilah kerusuhan di beberapa wilayah, kemudian Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho melaporkan kepada Kapolda Jatim dan ditetapkanlah penetapan sispamkota di wilayah kabupaten pacitan.

Pada adegan 1 juga terdapat pembebasan sandera petugas KPU yang berhasil diselamatkan oleh petugas pengamanan.

Kegiatan dilanjutkan dengan massa yang tidak terima dengan hasil penetapan suara di Kantor KPU Pacitan.

Ditengah hujan deras, simulasi tetap dilanjutkan sambil berbasah kuyup di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan.

Sejumlah titik yang diprediksi rawan seperti saat kampanye, saat coblosan di TPS seandainya muncul bencana alam tiba-tiba menjadi fokus pengamanan.

Kegiatan untuk meningkatkan kesiagaan TNI/POLRI menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2024 digambarkan, berkat kesigapan petugas pengendalian massa dan mobil damkar semprot gas air mata, ratusan massa yang mengamuk anarkis dihalau dan berhasil dipukul mundur.

“Alhamdulillah kita telah melakukan pelatihan sispamkota persiapan tahapan pemilu yang sudah dilakukan oleh personel Polres dan TNI tujuannya mempersiapkan personel kita termasuk sarana prasarana dalamrangka menghadapi Pilkada Serentak dan itulah nanti tahapan tahapan yang akan kita lakukan secara riil di kantor kpu.” jelas Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 13.51
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03