45 Anggota DPRD Pacitan Resmi Dilantik Pada Acara Sumpah-janji

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Agustus 23, 2024

GrinduluFM Pacitan - Sebanyak 45 anggota DPRD Pacitan periode 2024-2029 resmi dilantik pada acara pengucapan sumpah-janji yang digelar di Gedung DPRD, Jumat (23/8/2024).

Pelantikan ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Pacitan menjadi penanda dimulainya mas akerja baru bagi para wakil rakyat hasil pemilihan umum legsilatif PIleg 2024.

Demokrat berhasil mempertahankan posisinya sebagai partai dengan perolehan kursi terbanyak, meraih 18 kursi di DPRD, naik dari sebelumnya hanya 14 kursi. Posisi kedua ditempati oleh Golkar dengan 7 kursi, turun dua kursi dibandingkan hasil Pileg sebelumnya, partai PDIP mengamankan posisi ketiga dengan enam kursi, PKB dengan perolehan 5 kursi, kemudian PKS 2 kursi, PPP peroleh 2 kursi, Hanura 2 kursi, Nasdem 2 kursi, Gerindra 1 kursi.

Pelantikan digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Jumat (23/8/2024). Ada sekitar 800 an undangan yang disebar Sekretariat dewan untuk ikut menyaksikan pelantikan tersebut.

“Diperkirakan ada 800 undangan yang kita buat,”ucap Sekwan Didik Alih.

Undangan Sipil/PNS wajib mengenakan PSL, Peci Hitam Polos, TNI/POLRI kenakan busana PDU III, sedangkan undangan lain menyesuaikan.

Pantauan kasat mata, sejak pukul 13.00 WIB anggota DPRD Pacitan terpilih itu sudah berkumpul di Gedung tempat merumuskan peraturan-peraturan daerah, mereka duduk ditempat yang sudah disediakan.

Upacara pelantikan disaksikan oleh Forkopimda Kabupaten Pacitan dan juga keluarga dari para anggota dewan terpilih. Proses sumpah-janji jabatan dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Pacitan, Benedictus Rinanta.

Bupati Pacitan Indrata Nur bayu Aji membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI yang isinya menekankan kepada para wakil rakyat terlantik Hari ini untuk lebih mendahulukan kepentingan rakyat daripada kepentingan partai politik.

“Dalam melaksanakan tugas berharap anggota selalu mendapatkan petunjuk bimbingan arahan dari Allah SWT. Sehingga dapat menjalankan amanah rakyat dengan penuh tanggung jawab,” ucap bupati Aji.

Sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada bahwa sebelum pimpinan DPRD terbentuk secara definitif maka DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD yang terdiri atas seorang ketua dan seorang wakil ketua yang berasal dari dua partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua.

“Maka kami untuk sementara diberikan mandat memimpin DPRD maka perkenankan kami pada kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat.”ucap ASB

Dalam sambutan Ketua DPRD sementara Arif Setyo Budi menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga yang telah berpartisdipasi dalam pemilu 2024 segingga berlangsung sesuai dengan harapan semuanya.

“Rasa terimakasih juga disampaikan kepada anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 atas segala upaya dalam rangka menyerap dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat serta melaksanakan tugas - tugas legislatif lain yang tentunya tidaklah ringan.”lanjutnya.

Reporter: Asri

Blog, Updated at: 17.03
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03