Rekom Demokrat Untuk Kandidat Bakal Cabup-Cawabup Pacitan Diumumkan Akhir Juli

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Minggu, Juli 21, 2024

GrinduluFM Pacitan - Bakal calon (paslon) di Pilkada 2024 untuk sebagian besar Kabupaten/Kota di Jawa Timur sudah turun minggu ini.

Namun hingga kini belum ada kandidat bakal calon bupati dan calon wakil bupati pacitan melalui DPC Demokrat yang mengantongi rekomendasi pencalonan dari DPP. Sementara kabar burung di luaran sana, siapa yang dapat rekom dari DPP Demokrat sudah ramai di perbincangkan.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC Demokrat Pacitan Kristanto Waluyo menyampaikan, hingga saat ini belum ada tampak secara fisik rekomendasi terkait paslon yang mengantongi rekom DPP, baik bakal calon bupati maupun calon wakil bupati pacitan.

Perkiraan Kristanto Waluyo, akhir Juli inilah untuk Pacitan, sampai hari ini belum ada informasi secara fisik juga belum terima terkait turunnya rekomendasi. Memang DPP kemarin itu sudah meluncurkan rekomendasi di beberapa wilayah tapi belum semuanya disampaikan untuk rekom, karena masih mempertimbangkan satu dan lain hal. Termasuk hasil survey dan sebagainya sehingga Pacitan belum bisa turun rekomnya minggu ini.

“Kita belum tahu ya ini hanya prediksi saya secara pribadi kemungkinan paling banter akhir bulan Juli ini rekom turun. Dengan alasan persiapan lain mungkin rekom untuk Pacitan belum terbit juga. Perkiraan saya itu adalah akhir Juli inilah. Kalau bisa ya secepatnya agar kita dapat melakukan langkah strategis lebih awal.”ujar Kris saat dihubungi, Minggu(21/7/2024).

Jika pendaftaran pasangan calon dibuka KPU Selasa, tanggal 27 hingga Kamis, 29 Agustus 2024 sehingga kemungkinan rekomendasi itu diberikan akhir bulan Juli ini minimal awal Agustus kita sudah persiapan administrasi dan sebagainya, koordinasi internal eksternal dan hal lain lain bisa dilakukan untuk memenangkan kandidat.

“Meski rekom belum kita pegang secara fisik namun hari ini kita sudah mulai menata komunikasi dengan berbagai pihak. Tapi akan lebih mantab kalau rekomendasi segera turun sehingga komunikasi menjadi lebih intens lagi, hasilnyapun juga akan berbeda,”lanjutnya.

Di tambahkan Kristanto, rekomendasi yang diterbitkan DPP Demokrat nantinya sudah barang tentu berpasangan yaitu calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah. Hanya saja, dalam prakteknya bisa saja tetap menggunakan 4 calon yang mendaftar kemarin atau bisa juga rekom itu turun bukan dari 4 yang mendaftar. Karena rekomendasi itu kewenangan penuh DPP. Tapi internal partai sangat berharap dari kader, nama yang mengantongi rekomendasi.

“Kita tidak tahu karena mekanisme yang diamanahkan kepada DPC hanya memproses pendaftaran perekrutan kemudian DPP yang memiliki kewenangan penuh. Bisa saja itu menggunakan 4 orang yang mendaftar kemarin atau muncul kebijakan lain ini DPP yang menentukan kita tidak boleh berbicara ke arah sana.”imbuhnya.

Seperti diberitahukan, ada 4 orang yang mendaftar melalui DPC Demokrat Pacitan untuk maju ke Pilkada 2024, yaitu Indrata Nur Bayuaji, Rakhman Wijayanto, Ronny Wahyono dan Mohammad Toha.

Tahapan Pilbup 2024, pendaftaran pasangan calon Selasa 27 Agustus hingga Kamis, 29 Agustus 2024. Penelitian pasangan calon, selasa Agustus hingga Sabtu, 21 September 2024, penetapan pasangan calon Selasa, 22 September 2024. Pelaksanaan kampanye Rabu, 25 September hingga Sabtu, 23 November 2024 dan pelaksanaan pemungutan suara Rabu, 27 November 2024.

“Kita berandai-andai dengan situasi yang normal ya, kita sementara belum tahu perkembangan di Pusat. Mungkin Pacitan terbitnya rekom belakangan sebagai gong karena Pacitan merupakan tempat lahirnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan etalase Partai Demokrat.”pungkasnya.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 14.48
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03