Pelajar Sekolah di Pacitan Ikut Festival Rontek 2024, Tampilannya Tak Kalah Memukau Penonton

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Juli 17, 2024

GrinduluFM Pacitan - Festival Rontek Seni Lan Tradisi Mamrih Raharjaning Nagri yang digelar tahun ke- 3 di Kabupaten Pacitan pada tahun 2024 selama tiga malam berturut-turut melibatkan pelajar sekolah di 12 Kecamatan mulai dari tingkat SMP, SMA, MA dan SMK.

Tampilan pelajar sekolah di Pacitan secara bergiliran pada hari pertama festival rontek dimulai tanggal 15 hingga 17 Juli 2024.

Tampilan rontek Sang Mudra Rontechestra SMP se-eks Kawedanan Pacitan dan Laskar Brang Kulon SMP se-eks Kawedanan Punung begitu menghibur pengunjung pada hari pertama dan kedua festival.

Dengan ikutnya pelajar sekolah tampil pada festival rontek tahun ini, berdampak signifikan pada jumlah pengunjung atau penonton di setiap rute atau di lima zona atraksi.

Mulai dari awal bahkan sebelum rontek dimulai ternyata 5 zona atraksi sudah dipadati warga terutama keluarga dan teman teman sekolah yang akan tampil.

Penampilan rontek pelajar sekolah ternyata tak kalah memukau dengan peserta lainnya. Melalui tampilan seni tradisional rontek yang mengusung tema Pacitan Mrabu Rahayu atau yang berarti Pacitan Berwibaya, Selamat, dan Sejahtera cukup memukau dan menarik perhatian para penonton mulai dari zona 1 hingga zona 5.

Hal yang tak kalah pentingnya, melalui event festival rontek ini semakin menumbuhkan kecintaan generasi muda akan budaya, di tengah gempuran moderinisasi.

“Secara bergiliran masing-masing sekolah yang mewakili festival itu menampilkan lakon. Tahun ini kita gabung pelajar sekolah yang tampil dengan anggaran yang terbatas.”ucap Turmudi Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Pacitan.

Sementara itu, untuk SMA diwakili SMA N Ngadirojo dan MAN Pacitan, gabungan SMK se Kabupaten Pacitan. Adapun untuk SMP modelnya per Eks Kawedanan mengirimkan 1 perwakilan. 
 
Performance hari pertama SMP se-eks Kawedanan Punung dan SMP se-eks Kawedanan Pacitan, performance hari ke dua adalah SMK N Pacitan, SMP se-eks Kawedanan Ngadirojo dan tampilan hari ketiga MAN Pacitan dan SMP se-eks Kawedanan Tegalombo, SMAN 1 Ngadirojo.

“Prosesnya lumayan singkat, seperti biasa anak-anak kami latihan sebelum tampil. Hanya kekompakan yang dimulai dari latihan sehingga bisa luar biasa seperti ini tampilan pelajar sekolah.”ungkap salah satu guru pendamping.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 09.43
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03