Animo KB Ibu Rumah Tangga di Pacitan Semakin Tinggi, Implan dan IUD Banyak Diminati

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Juli 26, 2024

GrinduluFM Pacitan - Jayuk Susilaningtyas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Pacitan sebut, animo ber KB di kalangan Ibu rumah tangga di Pacitan semakin tinggi.

KB jangka pendek maupun KB jangka panjang diklaim masih banyak diminati

“Alat kontrasepsi yang paling diminati implant dan IUD.”ungkapnya.

Banyak pilihan alat kontrasepsi yang mudah diakses dan didapatkan masyarakat. Namun alat kontrasepsi jangka panjang belum bisa dilakukan saat postpartum atau nifas, pasangan suami istri bisa menggunakan kondom.

Sebagai alat kontrasepsi, KB Implan memiliki banyak keunggulan, diantaranya perlindungan jangka panjang hingga tiga tahun.

Implant dapat dilepas kapan saja, termasuk saat muncul efek samping yang tidak diinginkan, dapat kembali ke masa subur dengan cepat setelah implant dilepas kapan saja, termasuk saat muncul efek samping yang tidak diinginkan.

KB IUD adalah alat kontrasepsi yang bisa langsung mencegah terjadinya kehamilan setelah dipasang di dalam tubuh. Jadi, peluang untuk hamil saat menggunakan KB IUD sangat kecil. Jika dibandingkan dengan alat kontrasepsi lain, misalnya pil KB, KB IUD adalah kontrasepsi yang jauh lebih efektif dan mudah dipakai.

Program unggulan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana tersebut dinilai sangat membantu mencegah stunting.

“Dengan mengatur jarak kelahiran, membatasi jumlah anak tentunya sangat membantu mencegah stunting.”katanya.

Dinas Pengendalian penduduk keluarga berencana Pacitan kembola kembali mengingatkan pentingnya merencanakan kehamilan kepada pasangan suami-istri melalui program keluarga berencana (KB).

“Dengan jumlah anak maksimal 2 tentunya secara ekonomi akan lebih bisa mengatur ekonomi keluarga, anak lebih terawat dari sisi pola asuh, kesehatan, gizinya. Jarak juga perlu diatur, yang besar baru 1 tahun sudah hamil lagi tentu mempengaruhi kasih sayang dan perhatian kepada anak..

Ditambahkan Jayuk, persiapan yang baik dalam kehamilan dan kelahiran termasuk kondisi kesehatan, agar tumbuh kembang janin bisa optimal sehingga, bayi lahir dengan sehat, dan terutama resiko stunting dapat terhindarkan.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 15.28
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03