Suhu Politik Semakin Menghangat, NU Tegaskan Jadi Payung Semua Partai Politik

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Juni 25, 2024

GrinduluFM Pacitan - Untuk menyikapi situasi politik terkini Pemilihan umum bupati dan wakil bupati yang sudah mulai terasa semakin menghangat di tengah-tengah perbincangan masyarakat Pacitan, baik obrolan warung kopi maupun obrolan di group group WhatsAPP. Ketua PCNU Pacitan KH. Sutrisno menegaskan, NU tak tertarik untuk terlibat dalam politik dukung-mendukung, memperkuat salah satu pasangan calon, sebab pada dasarnya NU menjadi payung semua partai politik peserta pemilihan umum bupati.

“Kita tidak boleh mendukung memperkuat yang satu kemudian melarang yang lain ndak boleh sebab pada dasarnya NU payung semua partai. NU harus berpolitik berdasarkan nilai bukan partai.”ucapnya.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pacitan masa khidmat 2022-2027 KH. Sutrisno, mengajak masyarakat pacitan khususnya pengikut NU, membuat jalannya pemilihan bupati dan wakil bupati aman damai, tidak ada anarkis, tidak gaduh, itu yang saya setuju. Yang terpenting lagi, saling menerima.

“Jadi kita hanya menerima kemenangan akan tetapi tidak mau menerima kekalahan. Padahal itu terstruktur, juga diatur oleh undang-undang, ada tahapan juga ada aturan. kadang-kadang kita untuk menerima dari hasil yang kalah kurang menerima kemudian buat gaduh bahkan anarkis.”lanjutnya.

Pada intinya NU Pusat sampai PCNU selalu mendukung kebersamaan, keberhasilan siapapun yang menjadi dan dipilih rakyat.

Dengan pengikut terbanyak di Pacitan, tentu para calon yang bertarung diarena Pilbup Pacitan November mendatang akan berebut simpati dari kalangan Nahdliyin. Godaan untuk mendukung salah satu pasangan calon di Pilbup 2024 pada perhelatan pemilu bupati dan wakil bupati tampak wajar saja.

“NU harus netral, apalagi sekarang tidak boleh menginstruksikan, baik itu terang-terangan maupun dalam kategori instruksi lewat bawahan mendukung secara langsung maupun aktip kepada salah satu calon.”imbuhnya.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 14.01
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03